Menginap di IPB #2 : ketinggalan…

Hari kedua dan hari terakhir aku di Bogor, IPB. Di hari terakhir ini aku dan anak Katelia lainnya melakukan eksplorasi pagi dimana kami menemukan banyak serangga yang bisa didapat. pagi itu kami juga bisa mendengar banyak suara burung – burung bercicitan di pohon tempat tinggal mereka.

Di perjalanan ekspolari pagi itu kami menemukan…

  • Belalang pedang
  • Kecoak hutan
  • Laba – laba daun
  • Kupu – kupu yphtima horsfieldii
  • Burung  kutilang
  • Burung layang – layang
  • dan Ngengat.

sekalian juga kami mengambil hasil telapak kaki yang kemarin sudah kami cetak. hasil nya lumayan bagus. SEMANGAT KATELIA !!!

kembalilah kami keluar dari hutan kota untuk makan di kantin dan melakukan aktivitas rumah yang biasa kita lakukan.

Setelah itu kami diberikan sebuah “Nasehat” (ya bisa di bilang seperti itu) oleh kak Etang tentang bagaimana menggunakan si Bunga merah atau biasa di bilang Api dengan benar.

“Kak kalau yang pakai Citrus ? ( Jeruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan) : source wikipedia) ” kataku pada kak Etang.

“Citrus?” kata kak Etang dengan bingung diikuti oleh kakak – kakak Sekala yang ikut bingung juga.

‘apa mereka tidak tahu? atau..’ pikirku ikut bingung dengan apa yang aku katakan.

“itu loh kak yang bahan bakar cair untuk kompor yang kakak tunjukan ! ( kompor spirtus )” kataku mencoba menjelaskan apa yang kumaksud.

“ohh spirtus ! bukan citrus ! hahahaha ! citrus itu semacam jeruk kalau spirtus baru yang ini ” kata kak Etang menertawaiku sambil menunjukan sebuah botol yang berisi air bening yang disebut Spirtus itu. Teman – teman pun ikut menertawakan ku karena salah mengucapkan spirtus dengan citrus.

‘memalukan sekali ‘ kataku dalam hati. Tapi aku hanya menertawakan diriku sendiri menganggap bahwa itu orang lain yang mengatakan bukan aku.

setelah itu kami semua diajarkan membakar api hanya kayu dan pemantik api. sekilas aku berpikir bahwa ini akan susah kalau membakar api bersama – sama tapi ya sudahlah aku akan megikuti apa yang mereka lakukan saja.

Saat aku kecil sekitar umur 6 aku suka sekali bermain api bersama adik dan teman – teman se-komplekku (jangan dicontoh ya). Jadi naluri anak yang sering main api waktu kecil ini malah menjadi seorang pemimpin yang memimpin anak – anak Katelia yang mungkin mereka belum tahu cara nya bermain api (kok jadi sok ya?)

Kami pun berhasil membuat sebuah api sampai level/tingkatan terakhir. HORE !!

Memasak… hal yang diharuskan bisa untuk para manusia agar bisa bertahan hidup dari kelaparan dan untuk tingkatan ku bisa dibilang aku masih noob/pemula. sehari – hari aku masak palingan masak telur, mie instan  (jangan dicontoh juga ), dan air/AER. wkwkwkw ( garing banget >~<)

disini kami ditantang untuk memasak dengan hanya bahan – bahan yang disedia kan oleh kakak – kakak Sekala. Seingat ku ada : telur, wortel, sawi, timun, kentang, beras, dll. Untuk ini bukanlah aku pemimpinnya tetapi Anja sang chef hebat dari kelompok Katelia.

waktu kami hanya 60 menit saja syarat dan ketentuan nya adalah mempunyai 2 lauk dalam 1 kelompok. Di tengah paniknya kelompokku karena waktu yang terus berjalan aku dengan kekonyolan ku mempunyai prinsip yang bernama “BTS’S COOKING LESSON !”(Bangtan Boys (Hangul방탄소년단; RRBangtan Sonyeondan; bahasa Inggris: Beyond The Scene ) atau dikenal juga sebagai BTS adalah grup penyanyi pria asal Korea Selatan yang dibentuk oleh label rekaman Big Hit Entertainment. Grup ini beranggotakan tujuh orang, yakni RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook. source : wikipedia)

biasa disebut dengan BTS RUN! disana BTS melakukan tantangan dari produser acara tersebut. Saat episode dimana mereka memasak aku melihat cara J-hope yang selalu membentuk bahan makanan menjadi bentuk hati.

Dengan itu aku belajar bahwa ” Bentuklah semua bahan makanan menjadi hati

60 menit berlalu … saatnya juri merasakan masakan kami yang menurut ku lumayan enak. kelompok Katelia sangat gugup apakah makanan kami enak ?. Menurutku yang paling gugup adalah Anja karena dialah yang mengontrol kami semua.

“berikan kami 60 detik untuk berdiskusi ” kata salah satu kakak Sekala.

.

.

.

Saking tegangnya 60 detik itu terasa seperti 1 jam tiba – tiba.. CKLEK! suara pintu terbuka memperlihatkan kakak – kakak Sekala yang sudah berdiskusi. Hadiah untuk pemenang nya adalah semangka ! mungkin untuk anak – anak yang lainnya semangka hanyalah… semangka. tidak ada yang spesial dari semangka.

Tapi menurutku …AKU PENGEN BANGET SEMANGKANYA POKOK NYA HARUS MENANG !! Beberapa saat kemudian juri pun memanggil.

samangka

“pemenang nya adalahhhhhhhh……. KELOMPOK KATELIA !!” kami ternganga tidak nyangka kalau kita akan menang.

‘Semangka … akhirnya kau milik ku eh- Kita hehehe’ pikirku.

.

bebereslah semua anak – anak penggalang merapikan alat masak kelompok masing – masing dan barangnya masing – masing karena sudah waktu nya pulang.

setelah semua beres kami pun mengucapkan sampai jumpa dengan para anjing – anjing disana. Kosmo, anjing betina yang kalem dan baik, Opa, Anak anjing paling aktif, Dan Choki, anjing coklat yang menemani kelompok Katelia disetiap eksplorasi kami. Terima kasih.

beramai – ramai kami, anak – anak Penggalang yang rumahnya bukan di Bogor pun pulang menaiki satu gerbong. jadi rame dehh.

eh tapi… kayak nya ada yang ketinggalan deh.

“eh ariq, vito, sama husayn ketinggalan ya?” kata ku bertanya karena telat informasi.

“iya” kata tata. Aku hanya menjawab nya dengan menggaguk.

TANJUNG BARAT” kata suara sebuah rekaman bahwa kami sudah tiba di stasiun tanjung barat. mengucapkan  sampai jumpa pada anak – anak lainnya, aku dan rombongan ku sampai dengan selamat.

kami pun berpisah dann… Disinilah akhir perjalanan ku.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA 🙂

1 Comment

  1. Hai Khansa !!
    Menyenangkan sekali membaca jurnalmu. Pemilihan kalimat yang tepat,sehingga kesannya tidak kaku dalam bercerita.
    Terlebih lagi,kamu bercerita ttg point utama dari aktivitas yang kalian lakukan.
    Pertahankan yaa, semoga lebih baik lagi kedepannya.

    Sampai bertemu di jurnal selanjutnya 😄

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s